Jumat, 13 Juli 2012

Tarung Derajat Matangkan Teknik, Taktik & Strategi


Home / Sports / Tarung Derajat Matangkan Teknik

Tarung Derajat Matangkan Teknik

E-mail   Email Berita
Cetak  Print Berita
PDF  PDF Berita
SERANG – Pekan Olahraga Na­­sional (PON) XVIII di Riau, Sep­­tember 2012 semakin dekat mem­­buat Pengprov Keluarga Olah­raga Tarung Derajat (Kod­rat) Banten mematangkan per­siapan at­let­  yang diutus me­wa­­kili Banten. Rencananya, tiga atlet tarung derajat akan lang­sung ditempa di perguruan pu­sat tarung derajat di Bandung, Jawa Barat, 15-18 Juli 2012.

Pelatih Tarung Derajat Banten Su­­haryanto mengatakan, pada PON nanti Banten mengutus ti­ga atlet yakni Hendi Junaedi tu­­run di kelas 52,1 sampai 55 ki­­logr­am, Lanang Gede Putra ke­las 64,1 sampai 67 kilogram, dan Edi Gunawan kelas 67,1 sam­­pai 70 kilogram. “Mereka akan berlatih langsung dengan Sang Guru Muda Kang Badai Me­ga­nagara Drajat dan Guru Muda Kang Rimba Dir­gantara Drajat. Ketiganya akan di­matangkan teknik, taktik, dan stra­tegi untuk menghadapi per­tandingan berat di PON nanti,” kata Suhar, di kantor KONI Ban­ten, Jumat (13/7).

Menjelang pertandingan besar seperti PON, kata Suhar, semua Peng­prov Kodrat se-Indonesia di­­pastikan mendalami latihan di Bandung. Pasalnya, di Kota Kem­­bang itulah pusat dila­hir­kannya tarung derajat. “Saya ber­harap latihan pendalaman ini bisa menjadi dasar untuk me­nata kemampuan fisik dan tek­­nik atlet yang kini sudah me­masuki tahap 90 persen. Kita memang tidak pernah menggelar uji coba dengan daerah lain se­perti cabang olahraga lainnya. Tapi dengan latihan di Bandung bagi kami sudah cukup,” katanya.

Berdasarkan evaluasi se­mentara selama menjalani pe­musatan latihan daerah, anak asuh­nya sudah mengalami pe­ningkatan baik fisik maupun teknik. Ketiga­nya kini butuh pe­matangan yang diharapkan bisa terpenuhi selama menjalani latihan bersama di Bandung. “Saya tidak mau bicara tar­get pada PON nanti, tapi mu­dah-mudahan bisa meningkatkan perolehan medali pada PON sebelumnya di Kalimantan Timur yang hanya meraih satu perung­gu,” katanya.

Ketua Pengprov Kodrat Banten, Agus Suryana mendukung dige­larnya latihan bersama di Ban­dung. Menurutnya, latihan de­ngan pengawasan langsung sang guru diharapkan bisa mem­­buat atlet bertambah se­mangat untuk meraih yang ter­baik di PON nanti. “Pada mo­mentum ulang tahun olah­raga tarung de­ra­jat ke-40 dan Sang Guru ke-62 kita akan terus me­ning­katkan mutu atlet tarung derajat, termasuk dengan me­ngi­rim atlet ke Bandung,” katanya. (ibm/yes)

Sumber : Radar Banten Terbit Sabtu, 12 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Dipersilahkan mencari artikel blog ini