Jumat, 21 Januari 2011

Cara meningkatkan Stamina

Kehidupan orang kota nyaris identik dengan kesibukan dan uang. Sedikit saja orang yang memperhatikan, bahwa tenaga untuk sibuk dan cari uang pun harus diisi ulang. Yak, persis seperti pulsa seluler pra bayar. Tapi masalahnya, tidur pun tidak cukup menjadi solusi untuk isi ulang tenaga. Berikut tips ringan tapi berat hasilnya: 

Banyak Minum “Kelelahan yang fatik (sangat), sering disebab oleh dehidrasi,” demikian kata profesor Randy Eischer dari University of Oklahoma Health Sciences Center. Menurutnya, minum delapan sampai sembilan gelas air putih sehari mampu menghindarkan kelelahan yang fatik. Selain itu hindari pula konsumsi kaffein yang berlebihan.

Gerak Badan Pagi Hari Sebuah riset menunjukkan olah raga pagi hari, mampu menghasilkan tambahan energy yang luar biasa. “Olah raga pagi mengaktifkan hormon andrenalin dalam otak yang menghasilkan energy kreatif baru,” tutur sang profesor. Ini bisa Anda lakukan tak perlu lama-lama, cukup 30 menit saja.

Atur Makanan Hindari makan di food court atau makanan yang diolah dengan mesin. Konsumsi makanan yang menganduk proten dan karbohidrat yang tinggi untuk menambah stamina.

Qailulah Qailulah, ini dari bahasa Arab yang artinya tidur sejenak dan ini termasuk sunnah yang dianjurkan Rasulullah. Sempatkan istirahat beberapa menit di siang hari khususnya menjelang shalat dhuhur. Istirahat ini meski sebentar mampu mengendorkan urat syaraf yang sedang tegang dan sampai puncaknya.

Sedia Permen Salah satu manfaat permen jika dikonsumsi dalam kadar seimbang, bis mamberikan tambahan tenaga yang cukup prima. Tapi ingat jangan makan permen sembarangan. Pilih permen dengan kadar gula rendah. Sebab terlalu banyak mengkonsumsi permen dengan kadar gula tinggi adalah salah satu penyebab serangn jantung ringan.

Atur Suhu Badan Tubuh manusia pada saat-saat tertentu hampir sama dengan mesin. Jika otak Anda terasa sudah panas dan urat syaraf terasa menegang, Anda butuh cooling down. Keluarlah sebentar dari ruang kerja dan hirup udara segar.

Pemanasan Jaga kesegaran Anda dengan melakukan gerakan pemanasan. Satukan konsentrasi dengan gerakan, atur napas dan hitung denyut nadi sampai hitungan seimbang. Ini bermanfaat untuk relaksasi dan mampu memberikan kesegaran baru. Gerakan tak perlu berurutan, yang penting Anda bisa rileks dan bernapas dengan lancar.

Awasi Karohidrat & Protein Tidak selamanya mengkonsumsi makanan berprotein dan berkarbohidrat tinggi membuat badan sehat. Semua yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan ketidakseimbangan. Atur makanan Anda dengan gizi, protein dan karbohidrat yang berimbang.

Stop Kaffein Mulai sekarang, nyatakan perang dengan zat yang bernama kaffein. Hindari rokok, kurangi minum kopi dan semua yang berbau kaffein. Gampang kok!

Meditasi Salah satu cara yang sederhana tapi ampuh menambah tenaga adalah meditasi. Dan kita, umat Islam khususnya punya sarana untuk itu, shalat. Selain ibadah wajib, ternyata shalat jika kita lakukan dengan baik dan benar tak terasa memberikan manfaat yang besar. Dalam teori tenaga dalam Chi Kung asal Cina, jika manusia berdiri dengan konsentrasi penuh pada satu titik, maka energi bumi dan benda-benda yang ada disekelilingnya akan terhisap dan menjadi tenaga. Cobain yuk!

Sumber: eramuslim.com

Tidak ada komentar:

Dipersilahkan mencari artikel blog ini